Strategi Ben Cabe Sukses Berkembang

14

peluangusahaku.id – Aktor Ben Joshua terinspirasi merintis usaha kuliner saat pandemi Covid-19. Ia membuat produk sambal dengan merek Ben Cabe pada Maret 2020.

Di awal usaha, ia menjalankan digital marketing secara otodidak, belajar dari pengalaman dan banyak bertanya kepada rekannya yang sudah berpengalaman. “Setelah kita tahu celah usahanya, maka kita mulai menjalankan usaha ini,” jelasnya di acara webinar Digital Marketing : Strategi Mendapatkan Konsumen dan Meningkatkan Penjualan.

Tantangan pengembangan usaha Ben Cabe di saat pandemi khususnya saat akan memulai usaha, terutama supaya konsumen bisa membeli produknya secara rutin. Ia pun  melakukan strategi pemasaran digital misalnya di instagram dengan membuat konten menarik dilihat. Foto atau video dibuat semenarik mungkin, tidak pecah gambarnya dan suaranya jelas. “Saya juga minta bantuan teman- teman public figure untuk me-review produk saya. Ini jadi nilai plus tersendiri untuk Ben Cabe,” tambahnya.

Ia menjalankan pemasaran digital marketing yang dibantu tim dan mencantumkan kontak yang bisa dihubungi dalam produknya. “Dalam foto atau video dibuat konsep supaya konsumen tidak bosan, untuk memberikan pilihan produk baru di instagram,” ujarnya.

Penggunaan nama Ben Cabe turut memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan produk. Saat memasarkan Ben Cabe, awalnya ia memasarkan di akun instagramnya pribadi yang sudah cukup banyak follower . Setelah itu ia membuat instagram khusus Ben Cabe.”Jadi setelah follower saya banyak yang mengenal Ben Cabe, saya arahkan ke instagram khusus bisnis Ben Cabe karena memang harus dipisahkan antara instagram pribadi dan untuk bisnis,” tambahnya.

Kini Ben Cabe memiliki 7 varian produk antara lain Sambalauku Ayam Suwir Kecombrang, Sambalauku Cakalang Rica, Teri Sambal Matah, Sambalauku Gabus Cabe Ijo, Sambalauku Teri Lado Ijo, Sambal Roa, dan meluncurkan produk baru frozen beef yang sudah berbumbu dan tinggal dipanggang. Hal itu dilakukan supaya bisnisnya bisa tetap eksis dengan menambah varian baru dan menambah produk lain yang menarik.