Pintar Lihat Peluang Jadi Modal Wahyoe AP Membangun Bisnis Peternakan

1818

peluangusahaku.id-Tak banyak anak muda menekuni bisnis di bidang peternakan. Namun Wahyoe AP pengecualian. Pria asal Cilacap ini berani memulai usaha peternakan kambing dan turunannya pada tahun 2015 dibawah bendera Muhands Mendha Jaya [MMJ]. Pria yang lahir di Cilacap 23 Agustus 1982 bercerita alasannya memilih usaha ini. “Awalnya gak sengaja. Saat itu saya bekerja di salah satu perusahaan kontraktor, kebetulan saya memegang pekerjaan kontrak lingkungan di salah satu pabrik semen di Cilacap. Nah di pabrik tersebut untuk mendukung program CSR, salah satubya pembuatan pupuk sehingga harus memelihara kambing. Waktu itu pemeliharaan diserahkan pada orang-orang ada bekerja bersama saya, namun karena masih minim pengetahuan soal ternak kambing, beberapa kambing banyak yang bermasalah. Disitu saya coba cari tahu ilmu beternak kambing yang baik. Alhamdulillah saya dapat ilmu dari para senior. Saya coba terapkan pengalaman dari mereka ke kandang kambing di pabrik, mulai dari pakan  sampai bagaimana breeding yang baik. Hasilnya kambing di pabrik kesehatannya membaik dan berkembang pesat populasinya,” ceritanya.

Menerima sertifikat AQIQAH

Wahyu yang menyukai hewan, memutuskan memelihara kambing. Awalnya 3 ekor, 1 jantan dan 2 betina. “Saya memilih jalur beternak kambing perah diawal usaha,” ucap bapak 3 orang anak ini.

Bersyukur pada Tuhan yang Maha Esa karena usaha ini harus dijalani dengan keyakinan dan juga kepasrahan

Waktu memulai usaha, modal awal sebesar Rp 17 juta. Rp 10 juta untuk membeli 3 ekor kambing dan Rp 7 juta untuk pembuatan kandang. Tidak sampai 2 tahun sudah balik modal. Saat ini, Wahyoe memiliki 2 orang karyawan yang membantunya.