Pentingnya Pencatatan Usaha Bagi UMKM

17

peluangusahaku.id –  Usaha mikro kecil memiliki tantangan terutama kurang tenaga kerja baik jumlah dan kerampilan, kurangnya distribusi dan marketing baik offline dan online, permodalan terbatas, dan pencatatan baik dalam sistem operasi dan prosedur (SOP) dan pembukuan usaha.

Andy Djojo Budiman, entrepreneur PT Sterling Tulus Cemerlang (STEM) mengatakan banyak pelaku usaha yang memiliki keterbatasan waktu, tenaga atau pengetahuan dalam membuat SOP dan pembukuan usaha. PR industri mikro kecil adalah pencatatan transaksi keuangan yang belum baik. Uang pribadi dan uang usaha sering dicampur. Seharusnya uang usaha diputar untuk perkembangan usaha.

Dengan pencatatan usaha memiliki manfaat yaitu bisa cek berapa keuntungan usaha secara persis. Permodalan juga akan lebih mudah karena pencatatan tersedia untuk pihak penyedia modal yaitu institusi keuangan. Selain itu bisa menggunakan tambahan team sesuai kebutuhan ketrampilan dan jumlah.

Untuk itu pelaku usaha termasuk usaha mikro kecil dapat menggunakan salah satu aplikasi yaitu iREAP POS PRO yang bisa mencatat penjualan, stok/inventori, permintaan barang dari toko, transfer barang antar toko, biaya-biaya toko, absensi karyawan dan laporan.

Info lebih lanjut: www.ireappos.com atau HP 081387580123