Kioson Hadirkan Layanan Pembayaran Keuangan Berbasis Kemitraan

12

peluangusahaku.id – PT Kioson Komersial Indonesia Tbk merupakan platform online to offline berbasis kemitraan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mendapatkan akses pembayaran non tunai.

Berdiri sejak tahun 2015, saat ini Kioson telah berhasil merangkul lebih dari 80.000 mitra aktif untuk membantu masyarakat Indonesia menikmati layanan digital dan perbankan langsung melalui agen atau mitra kios/warung di lingkungannya.

“Melalui aplikasi Kioson, banyak masalah dapat dipecahkan. Misalnya, mengisi ulang e-money seperti Go-Pay dan OVO. Masyarakat juga bisa melakukan transaksi pembayaran e-commerce meskipun tidak memiliki rekening bank. Konsumen cukup datang ke agen atau mitra Kioson yang terdaftar,” jelas Direktur Utama Kioson, Reginald Trisna.

Aplikasi Kioson saat ini sudah tersedia di playstore. Mitra kios tinggal mengunduh saja melalui ponsel mereka. Kioson juga membantu penyediaan hardware seperti printer untuk mencetak resi apabila mitra kios membutuhkannya.

Saat ini pembayaran nontunai dari sektor e-commerce baru mencapai sekitar 20%. Selama ini masyarakat yang berada di kota lapis kedua dan ketiga mengalami kesulitan akses perbankan. Mereka belum sepenuhnya merasakan kemajuan digitalisasi ekonomi yang marak di kota-kota besar. “Banyak orang di daerah yang sudah mengenal produk online, tetapi sulit untuk melakukan pembayaran karena tidak memiliki rekening bank,” jelasnya.

Selain menjembatani pembayaran e-commerce, Kioson turut menyediakan layanan payment point online bank atau PPOB. Layanan online yang memanfaatkan fasilitas perbankan ini memudahkan masyarakat melakukan pembayaran tagihan PLN, tagihan PDAM, pulsa, paket data, akses internet/Telkom, asuransi, BPJS, kartu kredit, tagihan multifinance, bayar zakat, hingga pembelian voucher game.