Kiat Sukses Digital Marketing

16

peluangusahaku.id –  Digital marketing menjadi tumpuan para pelaku bisnis di tengah pandemi Covid-19. Berbagai data menunjukkan penjualan secara digital naik. Produsen dan merchant juga melaporkan pergeseran dari penjualan offline ke online.

Head of Brand Management and Digital Product Shopee Indonesia Daniel Minardi mengatakan dalam digital marketing penting bagi para penjual menjelaskan secara detail  produknya karena akan membangun  kepercayaan konsumen. Pemasar akan memiliki performance baik jika produk yang dipesan konsumen memang sesuai deskripsi. Selain itu penjual sebaiknya berinteraksi langsung dengan pembeli dan merespons cepat pertanyaan pembeli yang biasanya ada di fitur chat. Pelaku usaha perlu juga memanfaatkan promosi di media sosial dan fitur-fitur promosi dalam e-commerce.

Sejak awal pemasar juga harus menentukan channel, misalnya toko online. Kemudian menetapkan digital ads-nya.  Bagi pemula, jangan banyak-banyak membuka platform digital dulu supaya bisa fokus.  “Ketika pelaku usaha telah menetapkan memilih Instragrams atau Facebook, perlu difokuskan,” terangnya di acara Mandiri Webinar Series “Digital Marketing” beberapa waktu lalu.

Tips untuk pedagang pemula di e-commerce adalah jika ada order maka harus siap dalam hal produk yang dipesan konsumen. Selain itu harus cepat merespon calon konsumen.

Digital Creator Ndorokakung mengatakan pemasar / pelaku usaha harus memiliki kemampuan untuk bisa mendatangkan trafik, seperti menggunakan fitur di e-commerce atau eksternal channel seperti instagram, facebook dan media sosial lain.

Di media sosial ada empat hal yang berpengaruh terhadap engagement yaitu like, komen, share, dan duration. Untuk itu konten harus dibuat mengibur secara visual khususnya di instagram, baik berupa video atau foto. Konten juga harus informatif, menyajikan satu produk atau jasa yang informatif. Konten juga bersifat interaktif misalnya dengan membuat polling pada sebuah produk yang ditawarkan lewat insta story. Yang tak kalah penting adalah konten yang memberikan give away, sehingga follower dan like juga akan bertambah. Selain itu bisa menggunakan influencer atau endorsement.

“Dalam posting konten harus dilakukan secara disiplin, misalnya satu atau dua hari sekali. Supaya bisa disiplin harus berlatih setiap saat, sehingga konsisten itu sangat penting. Dalam posting konten juga harus ada kalimat kalimat yang mengajak konsumen untuk membeli produk tersebut,” jelasnya.

Tips memanfaatkan sosial media yang efektif untuk proses digital marketing adalah untuk memulai membangun media sosial maka anda harus punya tim 1-2 orang untuk membuka account serta memilih media sosial yang cocok. Salah satunya Instagram yang cocok untuk produk fashion yang dibutuhkan milenial. Instagram juga mendukung penuh produk- produk yang penampilan visualnya menarik.

Selain itu perhatikan strategi konten, misalnya kapan harus posting, konten yang diposting seperti apa, dan apakah harus kerjasama dengan influencer.

Untuk membangun brand awareness ada beberapa tahapan seperti mempunyai konsistensi nama, logo, warna.   Selain itu anda harus menampilkan secara kuat brandnya, dan yang paling penting bagaimana membangun story, karena pemasaran tidak hanya sekedar produk yang ditawarkan namun apa cerita di balik produk itu.

“Pemasar zaman sekarang harus membuat cerita yang menarik, bagaimana perjuangannya, sehingga konsumen merasa ada keterikatan emosional dengan produk yang dibeli,” tambahnya.

Kendala yang biasa dihadapi saat proses digital konten adalah bagaimana menggali cerita produknya. Selain itu bagaimana membuat cerita yang menarik dan menentukan bentuknya apakah harus teks, video, foto dst. Kita juga harus mengetahui peluang- peluang yang ditawarkan platform digital dan mengenali fitur- fitur baru di media sosial, seperti Tik Tok, instagram dan sebagainya. Masing-masing platform digital memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan anda harus menyesuaikan dengan produk yang dimiliki.