IKM Gula Semut Dibantu Gunakan Mesin Otomatisasi

28

peluangusahaku.id – Kementerian Perindustrian terus mengakselerasi sektor manufaktur di dalam negeri, termasuk industri kecil menengah (IKM), untuk bertransformasi menuju era industri 4.0. Tujuan dari upaya memanfaatkan kemajuan teknologi dan konektivitas internet ini diyakini dapat meningkatkan efisiensi waktu produksi serta penyajian data secara real time sehingga mampu mendongkrak daya saingnya secara global.

Salah satu wujud nyatanya, Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin mendorong para pelaku IKM nasional agar menyiapkan diri dalam memasuki era industri 4.0 dengan mengikuti program Pendampingan Otomasi Produk Bagi IKM Permesinan Teknologi Tepat Guna (TTG) di Kebumen, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.

“Implementasi yang dilakukan dalam program tersebut adalah sistem alat kontrol otomatisasi yang dapat membantu proses oven gula semut konvensional produksi CV Rumah Mesin,” ungkap Direktur Jenderal IKMA Kemenperin, Gati Wibawaningsih di Jakarta, Jumat (4/12).

Dirjen IKMA menjelaskan, oven gula semut produksi CV Rumah Mesin yang sebelumnya masih konvensional dengan mengandalkan campur tangan manusia dan belum mampu memberikan hasil yang konsisten, menjadi terotomatisasi oleh alat yang dikembangkan PT Bogortech Pratama Internusa sebagai penyedia teknologi (technology provider).  PT Bogortech Pratama Internusa merupakan salah satu pemenang kompetisi yang diinisiasi Kemenperin, yaitu Startup4Industri tahun 2019.

“PT Bogortech Pratama Internusa ini merancang dan membuat sebuah alat bernama BT-Smart Temp X yang merupakan alat kontrol otomatisasi yang dapat membantu oven konvensional menjadi otomatis dalam proses pemanasan, mengatur waktu perubahan temperatur oven, serta monitoring realtime suhu yang terintegrasi dalam satu sistem,” paparnya.