eFishery Membantu Pembudidaya Ikan Tingkatkan Produksi dan Pendapatan

28

peluangusahaku.id –  Terinspirasi dari usaha budidaya ikan lele saat masih kuliah menginspirasi Gibran Huzaifah untuk mendirikan perusahaan start up eFishery setelah lulus kuliah dari Ilmu Biologi ITB tahun 2012. eFishery merupakann sebuah startup penyedia alat pintar dengan IoT (internet of things) untuk memberi pakan. “Kita ini platform teknologi untuk Aquaculture. Menyediakan hardware dan software, marketplace, data dan lainnya,” katanya.

Startup ini diawali dengan teknologi pemberian pakan ikan dan udang IoT. Jadi produk ini bisa memberikan pakan ikan dan udang secara otomatis dengan menggunakan sensor untuk menerima dan mengirimkan data.

Pembudidaya ikan seperti lele, nila, mas, sampai udang dapat mengakses data pemberian pakan secara lengkap, kapan pun dan di mana pun berada. Dengan begitu tidak ada lagi kasus kelebihan pemberian pakan atau over-feeding.

Dengan pengaturan yang diklaim sangat mudah, eFishery bisa digunakan siapa pun yang tertarik untuk mengembangkan bisnis perikanan secara efektif dan efisien.

Bahkan inovasi yang diciptakan eFishery telah membantu pembudidaya dalam meningkatkan produksi sebesar 26% dan pendapatan mereka meningkat hingga 45%.

Di tahun 2020 Gibran mengoptimalkan lini bisnis selain eFisheryFeeder, yaitu eFisheryFund untuk akses terhadap pendanaan, eFisheryFeed untuk penyediaan pakan, dan eFisheryFresh untuk pendistribusian produk hasil budidaya. Hal ini dilakukan karena melihat pembudidaya ikan mengalami kesulitan dalam mendapatkan modal usaha, terbatasnya pakan yang tersedia di retailer, dan juga kendala dalam penyaluran hasil budidayanya.

eFisheryFund memberikan akses dan menghubungkan pembudidaya ikan secara langsung dengan institusi keuangan. Fitur utama dari eFisheryFund adalah Kabayan (Kasih Bayar Nanti), yaitu program cicilan yang dapat dimanfaatkan oleh para pembudidaya untuk memperoleh produk eFishery seperti eFisheryFeeder dan pakan ikan. Penyediaan pakan yang didukung oleh eFisheryFeed ini telah bekerja sama dengan berbagai brand pakan, sehingga pembudidaya memiliki lebih banyak pilihan. Lebih dari 3.000 ton pakan ikan dari berbagai merek telah didistribusikan melalui layanan ini.

Selain itu eFishery juga membantu menjaga usaha para pembudidaya tetap berjalan. Salah satu langkah yang dilakukan dengan menarik ikan hasil panen pembudidaya dan mengolahnya menjadi produk beku demi menambah nilai jual dan memperpanjang masa konsumsi. Dengan demikian, hasil panen dapat disimpan lebih lama sehingga mengurangi risiko terbuangnya hasil panen. Ikan yang ditarik dari pembudidaya kemudian disalurkan ke berbagai channel dengan jalur B2B. Selama tahun 2020 ini, lebih dari 1.000 ton ikan telah ditarik dari puluhan kelompok tani dari berbagai daerah di Indonesia.

Selain pendistribusian melalui jalur business to business (B2B), di tahun 2020 eFishery juga meluncurkan program Berikan untuk Indonesia (Beri Ikan untuk Indonesia), sebuah aksi sosial yang dijalankan bekerja sama dengan WeCareId, Aksi Cepat Tanggap (ACT), dan Shafira Foundation. Gerakan ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 dengan memberikan paket bahan makanan berprotein tinggi berupa ikan segar yang diambil langsung dari pembudidaya. Sebanyak 30 ton ikan telah didistribusikan ke lebih dari 20.000 orang penerima, termasuk diantaranya 10.000 orang tenaga kesehatan di wilayah Bandung, Cimahi, dan Jakarta.

Untuk melancarkan misi pemberdayaan pembudidaya dan meningkatkan akses pembudidaya terhadap pasar dan keuangan, eFishery juga membangun fasilitas eFisheryPoint. Di eFisheryPoint, pembudidaya dapat memperoleh berbagai informasi seputar teknologi budidaya perikanan dan juga berpartisipasi dalam kegiatan edukatif lainnya, seperti seminar peningkatan literasi finansial. Saat ini eFisheryPoint telah tersebar di lebih dari 65 kota di Indonesia.

eFisheryFeeder juga membuka peluang  kemitraan menjadi Sahabat eFisheryFeeder sebagai jembatan antara eFishery dan para pembudidaya di daerah Anda. Mitra akan mendapat insentif menarik dari setiap penyewaan eFisheryFeeder. Selain itu ada  Sahabat eFisheryFresh yaitu program Kemitraan eFisheryFresh yang mengajak Anda untuk bergabung sebagai jembatan antara eFishery dan para agen ikan di daerah Anda. Mitra akan mendapat insentif menarik dari setiap agen yang mendaftar melalui Anda dengan berbagai keuntungan menarik. Selain itu dengan menjadi Sahabat eFishery, Anda turut berpartisipasi dalam mendukung kesejahteraan pembudidaya Indonesia.

Info lebih lanjut: contact@efishery.com