Diversifikasi Pembiayaan UMKM, BRI Agro Gandeng Modal Rakyat

20

peluangusahaku.id –  Pandemi di Indonesia hingga saat ini masih merebak, namun bukan berarti tidak ada harapan bagi masyarakat untuk terus berkembang. Banyak pihak terkena dampak pandemi, termasuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah UMKM di Indonesia saat ini lebih dari 64 juta. Pandemi sendiri membawa beberapa dampak bagi pelaku UMKM di Indonesia, seperti: proses produksi terhambat, penjualan/ permintaan menurun, kesulitan bahan baku, distribusi terhambat, bahkan sebanyak 19,45% pelaku UMKM mengaku kesulitan memperoleh akses permodalan.

Situasi tersebut tentu menjadi keprihatinan bersama, sehingga dibutuhkan sinergi dari berbagai pihak untuk dapat mendukung pertumbuhan UMKM di masa pandemi. Dalam rangka mendukung akses permodalan untuk UMKM, PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk (BRI Agro) resmi bekerja sama dengan Modal Rakyat sebagai perusahaan fintech lending untuk menyalurkan pendanaan ke UMKM.

Penandatangan Perjanjian Kerjasama dilaksanakan oleh Direktur Utama BRI Agro Ebeneser Girsang dengan Direktur Utama Modal Rakyat Hendoko dan disaksikan oleh Direktur Bisnis BRI Agro Sigit Murtiyoso dan CoFounder & President Modal Rakyat Stanislaus MC Tandelilin.

Kerja sama antara BRI Agro dengan Modal Rakyat tentu menjadi langkah strategis dalam memperbanyak akses permodalan, khususnya kepada pelaku UMKM dari berbagai sektor bisnis. Diversifikasi pembiayaan dilakukan BRI Agro untuk mendukung UMKM dengan berbagai sektor bisnis.

Inisiasi kerjasama dengan Fintech/Peer2Peer Lending pada tahun 2020 oleh BRI Agro menunjukkan hasil yang positif, maka BRI Agro terus memperluas jangkauan kerjasama dengan beberapa fintech lainnya termasuk Modal Rakyat. “Sejalan dengan strategi perusahaan untuk melakukan kerjasama dengan pihak ketiga dalam rangka cross selling produk-produk BRI Agro, maka kami memilih Fintech/Peer2Peer Lending untuk mengembangkan bisnis selagi kami mempersiapkan model bisnis baru untuk menjadi digital attacker sesuai dengan aspirasi BRI Group”, ungkap Ebeneser Girsang, Direktur Utama BRI Agro.

Masa pandemi berdampak pada kesulitan akses permodalan bagi pelaku UMKM. Diversifikasi pembiayaan menjadi langkah strategis BRI Agro melalui kerja sama dengan Modal Rakyat. Melalui Modal Rakyat, BRI Agro berkomitmen untuk menyalurkan pembiayaan sebanyak Rp50 Millar.

Untuk tahap awal BRI Agro menyediakan dana sebesar Rp50 Miliar melalui penandatanganan kerjasama dengan Modal Rakyat. “Kami sangat optimis bahwa kerja sama dengan Modal Rakyat akan memberikan kontribusi bagi para UMKM. Modal Rakyat memiliki kemampuan untuk menghadirkan kecepatan dan kemudahan dalam mengakses pinjaman kepada para pelaku UMKM, selain itu kerjasama ini dapat serta memperkuat ekosistem ekonomi digital yang sudah ada,” tambah Ebeneser.

Pembiayaan akan difokuskan bagi pelaku UMKM yang terdaftar di Modal Rakyat dengan maksimal penyaluran sampai dengan sebesar Rp2 Miliar per pinjaman. Sektor bisnis tidak terbatas disalurkan ke agrikultur saja, namun juga bisa ke sektor lain seperti logistik, konstruksi, kesehatan, dan teknologi.

“Dengan Dukungan BRI Agro ini, kami semakin memantapkan diri dan yakin pada model bisnis kami sebagai aggregator modal kerja untuk para UMKM yang membutuhkan. Bersama dengan dukungan Bank sebagai institusi keuangan yang lebih dewasa, niscaya mimpi Modal Rakyat membantu terwujudnya inklusi keuangan di Indonesia semakin cepat tercapai”, tutur Hendoko, Direktur Utama (CEO) Modal Rakyat.

Berdiri sejak 2018, sebagai perusahaan fintech lending Modal Rakyat telah menyalurkan pembiayaan lebih dari Rp640 Miliar kepada lebih dari 20.000 pelaku UMKM di seluruh Indonesia. Adapun sektor dengan pembiayaan terbanyak didominasi oleh 47% sektor usaha Informasi Teknologi (IT) dan 29% pelaku bisnis sektor Perdagangan. Pembiayaan dilakukan secara pendanaan gotong-royong, baik dari individu maupun institusional melalui platform Modal Rakyat. Hingga saat ini, terdapat lebih dari 45.000 pendana individu dan 9 pendana institusional di Modal Rakyat.

“Kami berharap dengan support pembiayaan dari BRI Agro ini, kami bisa terus meningkatkan porsi portofolio pembiayaan kami kepada para pelaku digital platform, seperti yang sudah kami tekuni selama 12 bulan terakhir. Dari sisi angka, kami menargetkan ke depan Modal Rakyat tumbuh minimal 10% month on month”, imbuh Hendoko.

Kolaborasi antara BRI Agro tentu sejalan dengan visi Modal Rakyat untuk menjadi penyelenggara teknologi finansial peer-to-peer lending yang patuh dan berkelanjutan dalam memberikan kontribusi inklusi keuangan dan ekonomi secara nasional. Ke depan Modal Rakyat berharap dapat semakin memperbanyak kolaborasi baik dengan pemerintah maupun perusahaan/ lembaga swasta lainnya.