Crewdible Hadirkan Layanan Gudang Online untuk UMKM

9

peluangusahaku.id – Crewdible merupakan platform digital penyedia jaringan pergudangan mikro yang dirintis Dhana Galindra sejak 2017.

Crewdible dapat membantu seller yang berjualan di platform manapun, mulai dari Tokopedia, Bukalapak, Shopee sampai Instagram, BBM, Line, dll

Crewdible bermitra dengan pemilik kantor atau rumah yang memiliki ruang kosong untuk dijadikan gudang fulfillment. “Kita bermitra dengan masyarakat yang memiliki space seperti di rumah kosong atau ruko yang tidak dipakai untuk usaha. Kemudian kita isi dengan barang- barang online shop,” jelas Gunawan Lee, Corporate Marketing Manager Crewdible.

Ia mengatakan, dari studi data yang dilakukan, semua aktivitas e-commerce meningkat saat pandemi karena banyak orang membatasi aktivitas di luar rumah. Aliran uang sampai Rp480 miliar per hari untuk bisnis online.

“Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk menangkap peluang ini? UMKM atau pelaku bisnis e-commerce ketika sudah berkembang akan ada satu point dimana mereka merasa rumahnya sudah penuh barang, dan kalau sedang ramai pesanan menjadi kewalahan dalam packing. Selain itu ada faktor lokasi pelaku bisnis e-commerce yang berpengaruh terhadap ongkos kirim ke konsumen. Ada juga faktor manajemen sistem  usaha para pelaku UMKM. Usahanya ramai pesanan, bahkan ada pelaku UMKM saat peak season bisa tembus seribu sehari. Tapi mereka tidak melakukan manajemen sistem,” terangnya.

Ia mengatakan, Crewdible akan membantu pelaku UKM mengubah fix cost menjadi variable cost. Bagi pelaku UMKM yang skala usahanya sudah besar tentu akan membutuhkan modal besar untuk sewa tempat.  Selain itu harus menggaji karyawan dan ada juga risiko bisnis goyah. Namun dengan menggunakan Crewdible atau Gudang Online, maka masalah sewa tempat atau gaji karyawan tidak perlu ada.

“Itu yang dinamakan fix cost menjadi variable cost. Selain itu bisa buka cabang dimana-mana tanpa terpengaruh faktor besarnya ongkir jika lokasinya jauh dari konsumen,” jelasnya.

Keuntungan lain adalah pelaku bisnis bisa lebih fokus pada marketing produk. Dalam usaha ada value added activity dan non value added activity. Value added activity yaitu kegiatan yang bisa memberikan nilai tambah pada usaha kita. Kegiatan packing barang termasuk non value added activity dan packing barang ini bisa diserahkan ke Gudang Online, sehingga pebisnis bisa fokus pada hal-hal yang punya value seperti misalnya market research produk.

Crewdible saat ini juga sudah melakukan integrasi dengan transportasi online Gojek untuk proses pick up. Kualitas layanan menjadi prioritas. Umumnya 80% paket dikirimkan 2 jam setelah pesanan masuk, dengan komitmen paling lambat 1 hari kerja.

Crewdible juga menyediakan fasilitas micro cold storage yang diharapkan dapat bermanfaat bagi para pelaku bisnis yang membutuhkan fasilitas pendinginan khusus.  Berbeda dengan gudang mikro biasanya, micro cold storage memiliki fasilitas khusus seperti chest freezer, chiller, hingga cold room storage. Fitur tersebut disiapkan secara khusus untuk menyimpan berbagai macam produk, terutama produk cepat rusak (perishable) dengan menggunakan kondisi suhu tertentu agar dapat mempertahankan kesegarannya.

Untuk menjadi mitra Crewdible harus melalui proses assessment, background check, financial check, survey lokasi, probation, training dan penanda-tanganan kontrak.