Riset Pasar Sederhana untuk UMKM

Produk UMKM

peluangusahaku.id – Bisnis dapat tumbuh berkembang dengan baik salah satu kuncinya adalah mengetahui siapa target market bisnis tersebut sehingga mampu mengenal target market tersebut dengan baik.

Tyastana A. Kusumastanto, Research Specialist Niagahoster mengatakan, jika kita sudah mengenal, mengerti dan memahami target pasar kita dengan baik, maka bisnis kita akan mampu memberikan sesuatu yang terbaik pula bagi target market kita. Lalu kapan seharusnya suatu bisnis melakukan Riset Pasar ? Jawabannya adalah kapanpun ketika terdapat tantangan yang terjadi dalam bisnis.

Kita perlu tahu sebenarnya siapa kompetitor kita yang menawarkan produk/jasa yang sama dengan dengan bisnis kita. Kita juga harus tahu seperti apa kemampuan kompetitor tersebut, apa saja yang dilakukan, apa kekuatan dan kekurangan kompetitor tersebut dan sebagainya. Maka dengan demikian suatu bisnis perlu melakukan Riset market ketika pertama kali mulai ikut berkompetisi.

Setelah bisnis mulai dijalankan, terkadang tidak mudah untuk langsung menjadi market leader, terdapat berbagai tantangan untuk menjadi market leader. Dengan demikian bisnis yang sedang berjalan tetap perlu melakukan Riset Pasar agar dapat memenangkan kompetisi, mengalahkan kompetitor lain.

Terakhir, ketika bisnis sudah menjadi market leader, bisnis harus mampu mempertahankan kemenangan melalui berbagai inovasi. Agar bisnis mampu melakukan inovasi maka suatu bisnis juga perlu melakukan Riset Market. Terus memonitor perkembangan kompetitor dan menciptakan sesuatu yang baru bagi target marketnya.

Saat ini sudah banyak tersedia alat dan platform yang dapat digunakan untuk Riset Pasar secara gratis. Beberapa diantaranya :

Fitur Polling Social Media

Semua orang memiliki dan berinteraksi menggunakan social media. Buat pertanyaan polling sederhana, dan biarkan orang lain menjawab pertanyaan tersebut.

Google Form

Mungkin sudah tidak asing bagi kita semua. Kita dapat membuat formulir pertanyaan, yang kemudian kita bisa menyebarluaskan formulir tersebut secara digital. Bisa juga di post di social media untuk mendapatkan respon dari orang lain.

Jakpat

Ini adalah salah satu riset panel yang menyediakan responden. Jadi kita hanya perlu menyusun survey dan Jakpat akan menyebarluaskan survey tersebut kepada responden yang dimilikinya, sesuai dengan kriteria yang kita inginkan. Namun dalam versi free trial, dibatasi hanya 100 responden.  Ini bisa memangkas waktu dan dana yang dibutuhkan untuk melakukan Riset Pasar.

Make My Persona – HubSpot

Bingung ketika mendefinisikan target market ? Dengan alat ini kita akan dipandu untuk membuat target market dengan berbagai hal yang cukup detail, baik secara demografis maupun psikografis.

Google Alerts

Layanan gratis yang dapat mengirimkan hasil penelusuran ke email penggunanya berdasarkan kriteria kata kunci yang diinginkan. Secara sederhana, Google Alerts membantu untuk mencari tahu berita-berita atau artikel dari hasil penelusuran melalui kata kunci yang dipilih oleh pengguna.