Peluangusahaku.id – Selama masa pandemi COVID-19 media massa dan teknologi memiliki peran sentral dalam mengedukasi, menginspirasi dan menggerakkan perekonomian masyarakat. Femina, sebagai media dan platform gaya hidup wanita terkemuka di Indonesia telah melakukan berbagai terobosan dalam mengemban misi ini. Platform yang bertransformasi secara digital dibawah naungan PT Prana Dinamika Sejahtera atau PDS ini tak hanya mampu bertahan, bahkan membuka cara- cara baru diluar kebiasaan dalam menentukan arah platform jaringan media yang dimilikinya.
Bersama dengan WhatsApp, Femina menggaungkan inovasi bagi wanita wirausaha di seluruh Indonesia melalui kampanye #SeeUsHearUs sepanjang April 2021. Kampanye ini bertujuan menyebarkan cerita inspiratif perempuan dalam mendobrak tantangan dan mengembangkan ide usaha, serta menekankan pentingnya peranan perempuan dalam pemulihan ekonomi Indonesia.
Kolaborasi ini merupakan inisiatif kampanye yang pertama kali dilakukan di dunia antara aplikasi perpesanan dengan platform media.

Katalog WhatsApp 50 Wanita Wirausaha terdiri dari berbagai usaha yang dikelola oleh perempuan dengan bermacam jenis produk baik makanan, minuman, fashion, busana anak dan kecantikan. UMKM yang terpilih dan sebagian besar berasal dari program Facebook Scaleup yang dilaksanakan bersama Wanita Wirausaha Femina berasal dari berbagai kota di Indonesia seperti Medan, Malang, Bali, Makassar, Bandung, Jakarta hingga Gorontalo.
Tahun ini, WhatsApp mendukung pelatihan #WanWir Femina seiring komitmen dan kepedulian WhatsApp terhadap pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebagai pilar penting dalam pemulihan ekonomi Indonesia.
“Program kolaborasi Wanita Wirausaha Femina dan WhatsApp dengan pembuatan Katalog WA dan Sharing Cerita Bisnis benar-benar sebuah breakthrough di saat yang tepat. Setelah mengikuti berbagai pelatihan pengembangan keterampilan wirausaha sebelumnya, Katalog WA dan sharing cerita bisnis menjadi etalase usaha yang langsung meluaskan pasar. Sungguh sebuah program pengembangan peran perempuan yang nyata dalam menggerakkan ekonomi Indonesia,” sambut Petty S Fatimah, Chief Community Officer Femina .
Selanjutnya Petty mengatakan bahwa pengembangan Komunitas #Wanwir menjadi cara yang nyata dan terukur bagi Femina untuk mengimplementasikan misi dan visinya dalam mensejahterakan perempuan Indonesia melalui kemandirian ekonomi. Dalam hal ini bagi mereka yang menjadi wirausahawan.
“Jadi melalui program ini, yang dikejar bukan bisnis semata tapi pemberdayaan perempuan dalam berbisnis,” ucap Petty. “ Karena wanita itu mahluk pembelajar, awalnya gaptek tapi cepat sekali belajar sehingga jadi tahu banyak hal,” sambungnya.
Sementara itu, Menurut Yudha Kartohadiprodjo, CEO PRANA Dinamika Sejahtera, sejak dulu, Femina grup memang telah fokus pada pemberdayaan wanita. Jika dulu pertemuan berlangsung tatap muka, namun sejak pandemi dialihkan melalui dunia daring. Jadi misi utama program ini adalah pemberdayaan wanita di masa pandemi.
Komunitas Wanita Wirausaha Femina, yang juga populer dengan akronim hastag #Wanwir adalah program pengembangan komunitas UKM yang dimiliki perempuan yang digagas Femina sejak 2008 untuk mengakselerasi potensi dan kinerja pengusaha perempuan di Indonesia dengan program holistik dari pelatihan hingga kompetisi.
.