Pembibitan Buah Manggis Untung Sampai 76%

Manggis (Garcinia Masngostana L) merupakan salah satu komoditas buah yang mempunyai prospek cerah untuk dikembangkan di berbagai daerah. Tanaman manggis secara umum masih dibudidayakan secara tradisional dan turun temurun, belum banyak sentuhan teknologi modern, sehingga peluang peningkatan produksi, kualitas dan pemasaran masih terbuka.

Melihat peluang pasar yang masih terbuka, Arifin tertarik mengembangkan usaha pembibitan tanaman buah manggis yang melengkapi jenis tanaman buah lain yang dikembangkannya. Awalnya pria yang akrab disapa Arif ini memulai usaha pembibitan tanaman buah sejak tahun 1998 lalu. di Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo seluas 2.000 m2.

Manggis Kaligesing paling banyak berasal dari Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo Jawa Tengah. Manggis ini mempunyai ciri-ciri antara lain tinggi pohon 10-15 meter, lebar tajuk  3-4 meter, warna batang kecokelatan, daun mendatar ujungnya dan melengkung ke bawah, warna benang sari putih kekuningan, kulit buah  merah tua sampai dengan ungu, warna daging buah putih, sifat buah kenyal dan mudah dibuka, bobot buah  100-125 gram per buah, jumlah buah sebanyak 4-8 siung, rasa daging buah manis keasaman (segar), dan masa panen antara bulan Januari sampai dengan Maret.

Saat ini jenis tanaman buah yang ia budidayakan bibitnya cukup banyak. Beberapa contoh tanaman buah yang ia bibitkan adalah jeruk, manggis, sirsak, belimbing, jambu, durian, mangga, duku, lengkeng, dan lain-lain. Saat ini Arif mempunyai jumlah bibit tanaman hingga 20-30 ribu batang untuk bibit tanaman buah.