Bisnis Hormon Organik Tanaman Kian Berprospek

Satu lagi produk organik di bidang pertanian, yakni hormon organik tanaman. Selama ini masyarakat luas hanya mengenal hormon sintetik/kimia buatan pabrik, kini solusi aman ditawarkan oleh hormon organik. Karena terbilang aman bagi kesehatan manusia dan tidak merusak kelestarian lingkungan. Hormon organik tanaman adalah zat organik yang aktif dan terorganisir sebagai zat pengatur tumbuh pada tanaman terutama pada fase pertumbuhan vegetatif dan generatif.

Kemunculan produk ini didasarkan atas sikap ketergantungan petani pada pupuk dan hormon kimia yang terbilang cukup mahal. Bahkan beredar kabar jika Pemerintah akan memberhentikan subsidi pupuk kimia. Karena tingginya biaya untuk energi produksi pupuk kimia, maka hadirnya hormon organik tanaman sejak delapan tahun lalu akan semakin bagus prospeknya.

Apalagi meningkatnya permintaan produk organik terutama di kalangan masyarakat perkotaan, juga akan memacu tingginya produk penunjang pertanian organik, termasuk hormon organik tanaman. Jimmy Hantu, Owner Mutiara Keraton Jimmy & Co yang ikut merintis perkembangan bisnis hormon tanaman di Indonesia  mengatakan selama berbicara untuk kepentingan perut, maka produk hormon organik yang menunjang hasil panen tanaman akan berprospek bagus. Lambat laun produk organik akan diterima masyarakat khususnya petani. Sebab mereka sudah pernah merasakan sendiri bagaimana dampak negatif dari banyaknya pemakaian pupuk dan produk kimia lainnya. Ditilik dari peta persaingan, jumlah pelaku hormon tanaman masih sangat sedikit. Baru sekitar 0.001% bahkan belum mencapai 1%. Sehingga ceruk pasar masih sangat terbuka lebar.

Menurut Isroil S.Si, peneliti pupuk organik dan mikroba dari Balai Penelitian Bioteknologi Bogor, saat ini sudah ada produk pupuk organik berbentuk jelly (cairan kental) dan hormon organik. Bahkan ada yang mengkombinasikan pupuk organik dengan hormon organik tumbuhan menjadi satu produk. Jika dibandingkan dengan penggunaan pupuk dan hormon kimia, dipastikan kesuburan dan hasil panen yang dihasilkan lebih bagus tanaman yang menggunakan pupuk dan hormon organik.