Desain Suka-Suka ala Balla Lontara Production

peluangusahaku.id – Anwar Syamsu merintis usaha sablon sejak tahun 2017. Pria yang lahir pada  13 Juli 1991 bercerita alasan menekuni usaha ini karena memiliki pengalaman.  “Sejak tahun 2010 saya bekerja di tempat sablon milik keluarga. Tahun 2015 saya pindah kerja ke konveksi dan bekerja sebagai operator sablon. Hingga di tahun 2017 saya memutuskan untuk mendirikan usaha sablon kaos sendiri,” terangnya.

Tantangan pertama yang dihadapi dalam mendirikan usaha adalah modal dan tempat.  “Pertama kali mendirikan saya masih sambil bekerja di konveksi dan mengerjakan orderan menggunakan peralatan konveksi tanpa memperoleh potongan keuntungan dari pemilik konveksi. Satu tahun kemudian saya pindah dari konveksi, saya melanjutkan usaha saya sendiri masih dalam keadaan numpang tempat. Saya menggunakan sekretariat LSM yang waktu itu saya tinggali,”kisahnya.

Anwar Syamsu

Diakui Anwar persaingan usaha ini ketat. “Wilayah Sulsel bahkan Makassar sendiri pengusaha sablon sudah menjalar. Mungkin mencapai ratusan orang yang memiliki usaha sablon kaos di Makassar. Maka upaya yang kami lakukan untuk tetap dapat bersaing dengan meningkatkan kualitas hasil sablon dan media (kaos) yang digunakan juga didukung oleh peralatan dan bahan dasar yang digunakan,” katanya.