Strategi Pebisnis Membangun Etos Kerja Karyawan

peluangusahaku.id – Yth Pengasuh rubrik konsultasi bisnis. Perkenalkan saya Retno di Bekasi. Saya memiliki usaha kuliner Gudeg Yogya. Saat ini saya menghadapi masalah utama mengenai self of belonging karyawan sangat rendah maka etos kerjanya juga rendah. Dengan dasar di atas saya cenderung melarikannya ke peralatan untuk memudahkan pekerjaan. Misalnya untuk pekerjaan kupas mengupas  tidak dilakukan oleh manusia tapi mesin agar lebih efisien. Karyawan lebih banyak bekerja di bagian finishing termasuk melayani & sevices serta packing. Sementara saat ini saya sendiri yang memasak. Pertanyaan saya apa yang perlu saya lakukan untuk meningkatkan kualitas etos kerja karyawan?

Halo Bu Retno,  selama ini memang banyak pebisnis punya pemikiran bahwa memiliki karyawan cukup diinfo dan sekali pelatihan. Ini yang salah. Untuk membentuk seorang karyawan dengan karakter yang baik sesuai dengan impian, maka pebisnis harus melakukan pendidikan jangka panjang melalui briefing harian yang berbobot.

Briefing harus digunakan pebisnis untuk ‘menginstall’ nilai baik (value). Jadi briefing tidak hanya bicara teknis operasional, tapi yang penting adalah memberikan nilai dan motivasi agar karyawan bisa bekerja dengan baik.

Secara pasti saya katakan bahwa jika karyawan tidak bisa bekerja dengan baik dan tidak punya nilai yang baik, yang salah adalah pebisnis. Jadi pebisnis yang baik punya tugas mendidik dan membangun teamnya agar punya kemampuan dan ‘nilai baik’ yang sama melalui kurikulum training yang baku dan pelatihan serta briefing ‘berkesinambungan’. Tanpa hal tersebut ‘jangan bermimpi’ mencetak karyawan handal yang punya rasa memiliki dan nilai baik.

Banyak pebisnis sekedar merekrut karyawan dan langsung kerja tanpa training atau jika ditraining hanya ‘seadanya’. Pebisnis berpikir karyawannya punya pengalaman kerja dan sekolah yang baik. Sekali lagi pebisnis harus melakukan training, baru mereka boleh bekerja.

Diasuh oleh: Djoko Kurniawan

Konsultan Marketing & Service Quality di Indonesia

Email: djokokurniawan@gmail.com