Untung Cepat dari Budidaya Nila Sultana

peluangusahaku.id – Di Indonesia terdapat banyak jenis dan varian nila yang tersebar di berbagai daerah, seperti Nila Merah, Nila Larasati, Nila Nirwana, Nila Gesit dan Nila Hitam. Namun ada satu jenis varietas baru asal Sukabumi Jawa Barat yakni Nila Sultana. Nila Sultana merupakan varietas ikan nila terbaru singkatan dari Seleksi Unggul Salabintana, ikan nila ini memiliki beberapa keunggulan dari nila-nila lainnya sehingga banyak pelaku budidaya ikan kini beralih melakukan pembesaran Nila Sultana.

Proses dikenalkannya Nila Sultana kepada khalayak luas tak langsung benih ditebar begitu saja tetapi melalui pembenih ikan air tawar yang sudah berbentuk perusahaan besar dan handal dalam bidang pembenihan. Ikan Nila Sultana merupakan perkawinan silang dari 10 strain ikan nila yang ada di Indonesia. Seperti jenis nila lain yang dalam penjalannannya  mengalami banyak penyempurnaan termasuk di-setting supaya bisa hidup di segala habitat.

Secara garis besar selain Nila Sultana yang dikembangkan BBPBAT Sukabumi juga ada Nila Merah Salin yang memiliki keunggulan khusus dapat hidup di air payau ciptaan Balai Benih Ikan Jepara Jawa Tengah dan masih banyak nila-nila lainnya yang memilikim keunggulan khusus. Kendati demikian ditelisik dari segi mana pun Nila Sultana tetap menjadi unggulan karena memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh jenis nila lain.