Dari Tukang Sapu, Nasrin Menjadi Pengusaha Kesehatan Moringa KIDOM Dengan Membuka Lapangan Kerja Ratusan Orang

peluangusahaku.id-  Dari seorang tukang sapu di salah satu perusahaan jamu di Makassar, Nasrin H.Muhtar kini sukses menjadi pengusaha produk kesehatan dari daun kelor merk Moringa KIDOM dengan omset per bulan hingga Rp 500 juta. “Awalnya saya bekerja jadi tukang sapu  di perusahaan jamu, singkat cerita saya dipercaya naik jabatan menjadi kepala produksi, hingga wakil direktur pada tahun 1990. Di tahun 1993 saya merantau ke Pulau Lombok mendirikan usaha ini,” cerita Nasrin mengenang kisah hidupnya.

Inspirasi merintis usaha produk kesehatan dari daun kelor membawa kesuksesan bagi Nasrin. Sejak tahun 1993 ia memproduksi jamu dan tahun 2016 memproduksi teh dari daun kelor di daerah Nusa Tenggara Barat. Ia memilih usaha ini karena bergerak di bidang produksi bahan alam  pertanian yang semua bahan bakunya dari bahan alam yang mudah diperoleh di tengah kehidupan masyarakat Indonesia. Bahan bakunya juga  mudah diperoleh dari petani lokal yang 99% berasal dari NTB dan mendongkrak pendapatan petani lokal. Selain itu menambah nilai tambah tanaman yang diolah menjadi produk bernilai unggul dan ekonomis.

“Saya juga memilih usaha ini karena seiring berkembangnya zaman dan canggihnya teknologi dapat menciptakan lapangan kerja baru dan menghadirkan klaster-klaster IKM baru untuk edukasi tentang menumbuhkan jiwa wirausaha khususnya anak muda. Lewat usaha ini saya juga ingin membantu peran pemerintah dalam menghijaukan kembali hutan-hutan yang gundul dengan menanam kelor dan membantu perputaran perekonomian daerah melalui produk-produk unggulan NTB,” tambah suami dari Sri Utami.

Nasrin (kedua dari kanan) dan keluarga