Dahsyat, Permintaan Jambu Madu Lebih dari 1 Ton per hari

peluangusahaku.id – Di kawasan Asia khususnya Asia Tenggara jambu air menjadi salah satu jenis buah yang keberadaannya cukup melimpah dan tersebar di segala pelosok. Indonesia ternyata memiliki varietas jambu air unggulan kualitas super salah satunya ialah Jambu Madu Deli Hijau asal Langkat Sumatera Utara. Tanaman jambu yang dapat tumbuh di berbagai ketinggian ini memiliki ukuran yang berbeda dari jenis jambu air tropis lainnya.

permintaan Jambu Madu Deli per hari minimal bisa mencapai satu ton

Jambu Madu Deli hijau merupakan buah asli dari daerah Langkat, Binjai Sumatera Utara. Keunggulan jambu ini adalah rasanya yang sangat manis, bertekstur renyah, berukuran lebih besar dan bisa dipanen sepanjang tahun. Yang berbeda dengan jambu air lain, Jambu Madu Deli Hijau sangat berpeluang dikembangkan mengingat masyarakat Indonesia pada umumnya memang menyukai buah khususnya buah jambu air apalagi dengan ukuran yang besar. Selain itu buah ini pun sangat potensial untuk dikembangkan sebab jumlah petani pembibit maupun pembesaran semakin tumbuh seiring permintaan Jambu Madu Deli yang terus meningkat setiap bulan.

Menurut Muhamad Ali Sadikin, pelaku usaha pembibitan dan pembesaran Jambu Madu Deli Hijau sekaligus Ketua Kelompok Tani Maju Hijau Lestari asal Langkat Sumatera Utara mengatakan, prospek usaha Jambu Madu Deli sangat cerah. Itu didasari dari permintaan buah Jambu Madu Deli yang hingga sampai saat ini belum mencukupi permintaan konsumen. Menurut Sadikin, di kota Medan saja yang terpaut jarak yang jauh dari sentra penghasil Jambu Madu Deli di daerah Langkat permintaan Jambu Madu Deli per hari minimal bisa mencapai satu ton. Angka tersebut di luar permitaan yang datang dari luar kota.

Sadikin menuturkan bahwa sampai saat ini seluruh petani Jambu Madu Deli belum bisa memenuhi permintaan pasar karena masih terkendala keterbatasan produksi dan lahan. Oleh karenannya ia begitu yakin prospek usaha Jambu Madu Deli sangat berpeluang besar. Menurut Sadikin, tanaman buah Jambu Madu Deli mulai ditanam di daerah Langkat sejak tahun 2000an. Awalnya tanaman Jambu Madu Deli ditanam oleh orang-orang Singapura berperawakan Tiongkok di lahan seluas 4 sampai 5 hektar dengan nama Jambu Madu. Setelah memasuki tahun 2007 jenis jambu air ini mulai banyak dikenal masyarakat dan telah bersertifikat dari Dinas Pertanian sehingga namanya menjadi Jambu Madu Deli Hijau.