peluangusahaku.id – Kaizen berasal dari bahasa Jepang artinya perubahan yang baik. Kaizen merupakan filosofi yang fokus dalam pengembangan dan penyempurnaan. Kata kuncinya adalah pengembangan, penyempurnaan dan berkesinambungan. Jadi tidak ada istilah cukup bagi Kaizen, karena akan terus berkembang . Kaizen dapat berupa etos kerja individu, budaya perusahaan dan way of life perusahaan agar sebuah perusahaan kinerjanya semakin baik.
Prinsip filosofi Kaizen, pertama adalah aktivitas harian yang berorientasi pada sebuah proses dan hasil. Ketika prosesnya benar maka hasilnya juga cenderung benar. Seorang pengusaha yang menjalankan proses produksi secara baik pasti hasilnya juga akan baik, sehingga pengusaha harus fokus pada proses.
Kedua adalah improvement yang didasari atas perubahan- perubahan yang kecil. Dengan mengubah sesuatu yang kecil hasilnya akan sangat berpengaruh terhadap produksi. Ketiga, improvement menurut Kaizen juga harus bisa diukur. Sebagai contoh pebisnis bisa mengukur transaksi di kasir dalam melayani customer apakah berjalan selama satu menit atau tiga menit. Keempat, adanya pemberdayaan supaya individu semakin baik kinerjanya.
Kaizen bisa diartikan sebagai suatu kesatuan pandangan yang komprehensif (menyeluruh) dan integratif (saling terkait). Maka perbaikan harus dilakukan secara terus menerus di semua sektor. Ciri khas Kaizen yang pertama adalah pemeliharaan produktivitas. Ketika produktiviatsnya sudah mencapai level yang bagus juga harus tetap dijaga, tidak boleh turun. Kedua, perbaikan mutu dan penyempurnaan. Jadi mutu dan penyempurnaan menjadi prinsip dasar Kaizen. Kaizen fokus pada kualitas yang semakin baik . Ketiga, tepat waktu misalnya dalam produksi atau pengantaran waktunya tepat.Keempat tanpa cacat, jadi tidak boleh ada cacat produk karena produk itu harus sempurna.
Kelima, fokus pada kegiatan kelompok kecil. Jadi perubahan dilakukan dalam sebuah kelompok kecil atau sebuah bisnis unit. Misalnya departemen pelayanan diawasi terus sampai pada titik maksimal untuk membuat customer puas.Keenam, Kaizen fokus pada hubungan internal perusahaan dengan karyawan. Ketujuh, Kaizen juga fokus pada pengembangan produk baru. Sebuah perusahaan yang menerapkan Kaizen terus melakukan riset yang ujung- ujungnya bisa menghasilkan produk- produk baru yang diminati pasar. Salah satu perusahaan di dunia yang menerapkan Kaizen adalah Toyota, sehingga produknya selalu berbeda dan menguasai pasar.
Ciri khas Kaizen kedelapan adalah berorientasi kepada pelanggan, maka pengendalian mutu secara menyeluruh adalah salah satu prinsip dari kaizen. Ketujuh adalah robotik, bahwa otomatisasi dan mekanisasi atau teknologi bisa meningkatkan penjualan. Seperti produk Sido Muncul atau Sari Roti semua prosesnya sudah otomatisasi.
Ciri khas Kaizen kedelapan adalah prinsip gugus kendali mutu. Setiap bagian dalam sebuah usaha harus memikirkan soal mutu. Ketika mutu sudah tepat, selanjutnya meminta saran orang-orang yang menjalankan dan sistem saran ini sangat penting. Kesembilan, disiplin personal di tempat kerja.