Butterfly Fish, Percantik Sudut Rumah Anda

peluangusahaku.id – Keragaman bentuk dan warna ikan hias sangat indah, sehingga dipercaya dapat mengurangi stress oleh para pecinta ikan hias atau para hobiis. Tak sebatas itu, ikan hias kini mulai berkembang menjadi objek yang dimanfaatkan bagi kepentingan penelitian, medis, pendidikan dan konservasi alam.

Tingginya minat terhadap ikan hias, membuat pembudidaya ikan dan pemasar/pedagang semakin banyak yang mengusahakan ikan hias sebagai komoditas andalan, sehingga berpotensi meningkatkan ekonomi nasional. Tak hanya itu, ikan hias yang dibudidaya di Indonesia juga berpotensi ekspor.

Butterfly Fish. Salah satu jenis ikan hias yang kini sedang tren dibudidaya dan memiliki harga yang cukup baik, adalah Butterfly Fish atau ikan hias Kupu-Kupu. Ikan hias ini memiliki banyak genus dan spesies dengan tubuh yang beraneka warna.

Bentuk tubuh umumnya pipih seperti cakram dengan ukuran yang tidak terlalu besar sekitar 6 inci (15 cm). Dengan tampilan mirip kupu-kupu yang terbang melayang di air dengan warna-warni menarik, membuat ikan ini sedap dipandang terutama di akuarium. Tak heran jika banyak orang yang gemar memeliharanya.

Butterfly Fish memiliki beberapa genus, antara lain Chaetodon, Amphichaetodon, Chelmon, Chelmonops, Coradion, Forcipiger, Hemitaurichthys, Johnrandallia, Parachaetodon, Prognathodes, Heniochus.

Butterfly Fish dari genus Chaetodon memiliki wilayah penyebaran yang paling luas dibanding genus lainnya. Yakni barat dan pusat Samudera Pasifik, Hawai, Tenggara Jepang, pantai barat laut dan timur Australia serta Samudera Atlantik. Ikan dari golongan ini merupakan ikan yang paling banyak dipelihara oleh para akuaris (pembudidaya ikan hias akuarium).