Budidaya Akar Ginseng Jepang 6 Bulan Bisa Panen

Pemasaran. Gobo dari Indonesia ternyata lebih disukai dibandingkan hasil budidaya gobo dari negara China atau lainnya. Hal ini karena kondisi tanah Indonesia yang mengandung lebih banyak hara dan bahan organik sehingga membuat kualitas gobo yang dihasilkan dari Indonesia jauh lebih baik dan lebih enak.

Gobo bisa diolah menjadi beragam masakan dan makanan/minuman ringan dan beragam khasiat. Dari banyaknya khasiat gobo, salah satunya adalah untuk menjaga dan meningkatkan vitalitas pria, pangsa pasar inilah yang menurut Mujafar Priyono belum tergarap.

Pasar internasional yang banyak menyerap gobo, yakni negara Jepang, China, Taiwan, Korea, Singapura, India, Rusia, Inggris, Perancis, Amerika Serikat dan Australia. Menurut pihak PT Ikhtiar Makmur Organik (Imo Farm) sebagai pengekspor dan distributor gobo, begitu banyak masyarakat di luar negeri yang mengonsumsi gobo sebagai makanan pokok dan makanan alternatif, sehingga pasar ekspor komoditas gobo sangat menjanjikan. Baik dalam bentuk segar maupun aneka olahan dan produk herbal.

Kriteria ekspor gobo cukup beragam, dan tiap negara meminta spek gobo yang berbeda-beda, misalnya ada yang utuh panjang dengan diameter 2-5 cm atau yang sudah berupa potongan dengan diameter yang agak kecil, misalnya 2-4 cm. Yang jelas menurut Mujafar Priyono, gobo yang diekspor tidak dituntut harus berasal dari budidaya organik. Bahkan gobo hasil budidaya di Indonesia masih dianggap lebih aman dibanding negara lain penghasil gobo.

Hingga saat ini, masyarakat Indonesia belum banyak mengenal gobo. Oleh karena itu pengenalan produk dan sosialisasi manfaat gobo perlu dilakukan secara intensif, agar pemasaran produk segar dan olahan dapat berjalan secara optimal. Sehingga aktivitas budidaya bisa dilipatgandakan dan diintensifkan untuk memenuhi kebutuhan pasar lokal yang terbuka.

Sementara pasar gobo bagi konsumen asal Jepang dan Korea yang tinggal di Indonesia saat ini cukup tinggi, mengingat semakin meningkatnya jumlah warga kedua negara tersebut yang bertugas/tinggal di Indonesia. Ditandai semakin banyaknya supermarket dan restoran yang khusus menyediakan hidangan bagi para warga asing tersebut.