Langkah-Langkah Mewaralabakan Usaha Siomay

peluangusahaku.id – Untuk sukses dalam menjalankan waralaba perlu diperhatikan beberapa hal. Mulai dari siomay, manajemen pengelolaan usaha harus dibuat standardisasi. Hal ini penting untuk menjaga kualitas dari siomay dan pelayanan yang kita berikan kepada konsumen.

Pertama yang harus memiliki standar adalah siomaynya. Harus ada standar rasa siomay tersebut, sehingga menjadi ciri khas. Dalam hal bahan baku juga perlu diperhatikan, misal untuk usaha siomay ikan. Tentu harus diperhatikan jenis ikan yang digunakan, apakah ikan air tawar atau air laut. Berapa ukuran berat ikan yang digunakan, berapa banyak penggunaan tepung, garam, penyedap rasa dan bahan lainnya.

memilih calon Terwaralaba Anda juga harus selektif, hendaknya memilih calon Terwaralaba yang memiliki komitmen dalam menjalankan usaha

Jangan lupa juga tahapan mengolahannya, yakni mulai dari ikan dibersihkan, dihancurkan lalu diberi bumbu, kemudian dicampurkan dalam adonan tepung serta diperhatikan dan waktu pengukusan juga harus diperhatikan, dan semua langkah proses tersebut harus ada standar dan dibukukan.

Sementara itu, untuk sistem kerja sama waralaba sendiri juga harus memiliki konsep yang jelas dan berbeda dari usaha yang telah ada sebelumnya. Misal saja penjualan siomay dengan konsep self service (prasmanan) di mana konsumen dapat memilih berbagai sajian yang dihidangkan hingga membumbuinya sesuai dengan keinginannya.

Untuk kemasannya hendaknya dibuat menarik dan sesimpelmungkin sehingga konsumen dapat memakan siomay di tempat (dine in) ataupun dibawa pulang (take away). Untuk lebih menarik minat konsumen, usahakan perbanyak varian rasa dan jenis siomay yang ditawarkan. Hal ini juga mencegah konsumen cepat bosan, dan hendaknya setiap beberapa bulan mengeluarkan varian rasa yang baru.

Kedua dalam hal manajemen. Anda dapat mengusung sebuah brand (merek) ataupun slogan yang mudah diingat yang mencerminkan siomay yang ditawarkan. Misal saja “Siomay Bandung Raos” dan lain sebagainya.

Nah yang juga penting di usaha waralaba makanan adalah adanya keseragaman rasa. Untuk itu, sebagai Pewaralaba (pemilik merek) Anda harus siap menyediakan karyawan guna melatih karyawan calon Terwaralaba (pemberi merek) dalam hal proses membuat siomay, pelayanan hingga memberikan pelatihan manajemen usaha. Hal ini dimaksudkan agar rasa dan pelayanan tidak berbeda dari standar yang telah ditetapkan.