Herbal Kebon Qta Tembus Pasar Luar Negeri

Produk Kebon Qta tidak hanya dijual secara online di www.tokoorganikherbal.com dan www. OrganikHerbal.com, tetapi juga telah menembus mall-mall papan atas, sebut saja mall Aeon BSD, Kemchick, toko-toko organik, mall Alam Sutera, Lipo Mall Kemang, Carrefour, Toko Lulu, Toko Loka. “Produk kita juga akan masuk ke Garuda Indonesia dan saat ini sedang proses pengurusan pajak, selain itu juga masuk ke Lion Air,” aku Erna.

Ekspor. Produk Kebon Qta tidak hanya disukai publik dalam negeri, bahkan telah menembus pasar ekspor ke negara Malaysia, Jepang hingga Jerman. “ Akan masuk ke Korea, sekarang lagi proses. Ada toko di Korea yang minta masukin produk kita,” kata Erna bangga.

“Di Jerman itu yang utama diminati adalah jahe dan teh hitam. Waktu kami pameran ke Jepang kemarin yang lebih disukai teh hitam. Teh hijau mereka sudah melimpah dan menurut anggapan mereka lebih enak dibanding teh hijau saya. Tapi teh hitam saya katanya unik, karena kami membuat teh secara tradisional, tidakmenggunakanmesin tetapi secara manual dengan tangan dan disangrai dengankayu bakar,” kata Erna ramah.

Selama membangun usaha ini, Erna mengaku perkembangannya sangat signifikan.  Erna menilai bisnis produk herbal ini sangat prospektif. Prospek bisnis ini sangat besar karena masyarakat di dalam maupun luar negeri mulai perlahan beralih ke organik dan natural. Bahkan pemerintah sangat mendukung hal itu,” terangnya.

Meski memiliki prospek yang bagus, ada saja kendala dan tantangan yang dialami Erna dalam mengembangkan usaha ini. Terutama pada SDM, modal dan marketing. Sementara tantangannya adalah bagaimana mengedukasi masyarakat untuk mencintai makanan sehat. “ Jadi makanan sehat itu bukan dari rasa dan bentuk, tapi manfaat dan kandungannya untuk kesehatan,” kata Erna.