Go Online Harapan Baru Bisnis UKM

peluangusahaku.id – Pandemi global Covid-19 membuat sektor perekonomian cukup terpukul, terutama bagi bisnis skala mikro dan menengah. Pemilik UKM harus mengubah strategi dan memikirkan cara agar tetap bertahan di masa pandemi ini, salah satunya dengan go online.

Dari ragam platform go online, media sosial masih dinilai menjadi media go online paling mudah dan efektif bagi masyarakat. Selama masa pandemi ini, Lembaga Survei Kantar melaporkan penggunaan Instagram dan Facebook mengalami peningkatan sebesar 40%. Selain itu, TechCrunch juga mencatat adanya lonjakan penggunaan WhatsApp sebesar 51% terutama di negara-negara dengan fase krisis corona.

Melihat data ini, pemilik UKM dapat lebih gencar melakukan online promotion di media sosial. Selain memanfaatkan momentum, langkah promosi di media sosial juga lebih murah dan tepat sasaran. Fitur ads atau iklan di media sosial dapat mengarahkan pemilik bisnis untuk menarget pasar yang sesuai menurut umur, lokasi, disesuaikan dengan produk yang dijual.

Mengakhiri acara Kelas WhatsApp Niagahoster 1.0 pada Rabu, 29 April 2020 tentang “Strategi Media Sosial untuk Bisnis”, Ayunda Zikrina, Brand & Reputation Management Manager Niagahoster, berbicara tentang pentingnya bisnis beralih ke online untuk bertahan.

“Selama pandemi ini media sosial merupakan titik kumpul baru bagi orang-orang karena anjuran physical distancing dari pemerintah. Aktivitas jual beli, berkomunikasi, mencari berita, hingga aktivitas koordinasi dengan teman kantor, belajar, semuanya (dilakukan) di sana.” ujar Ayunda Zikrina.